Pernah pakai gendongan bayi lalu berpikir “apakah saya sudah menggendong dengan benar?” Atau pernah mengalami bayi menangis setiap pakai gendongan instan seperti gendongan SSC? Hal ini bisa jadi sebabkan bayi merasa tidak nyaman dengan pengaturan gendongannya atau bayi bisa merasakan kekhawatiran yang dirasakan orang tuanya.

Saat menggendong bayi, orang tua atau penggendong harus bisa memberikan keamanan dan kenyamanan. Agar penggendong bisa memenuhi hal tersebut, UK Sling Consortium mengeluarkan sebuah aturan menggendong bernama T.I.C.K.S. Yuk, simak apa saja isinya!

Aturan menggendong T.I.C.K.S

  1. T atau “Tight”
    Gendongan bayi harus terasa cukup erat sehingga bayi berada dekat dengan penggendong. Penggunaan gendongan yang longgar dapat mengakibatkan bayi merosot ke bawah gendongan dan menyulitkan mereka untuk bernapas. Selain itu, posisi erat juga berguna agar bayi tidak jatuh jika penggendong sedang aktif berkegiatan. Memakai  gendongan yang longgar juga berdampak pada penggendong, yaitu punggung terasa tegang.
  2. I atau “In View All the Times”
    Penggendong harus bisa melihat wajah bayi saat melihat sekilas ke bawah. Kain gendongan tidak boleh menghalangi wajah bayi. Anda tidak perlu memindahkan kain apa pun untuk dapat melihatnya.
  3. C atau “Close Enough to Kiss”
    Kepala bayi harus berada dekat dengan dahi penggendong. Dengan menundukkan kepala, penggendong harus dapat mencium kepala atau kening bayi.
  4. K atau “Keep Chin of the Chest”
    Bayi tidak boleh meringkuk sehingga dagu mereka terpaksa menyentuh dadanya. Ini dapat menyebabkan bayi sulit bernapas. Pastikan selalu ada ruang setidaknya selebar jari di bawah dagu bayi Anda.
  5. S atau “Supported Back”
    Punggung bayi harus ditopang dalam posisi alaminya agar tidak bengkok atau terpuntir.

Pentingnya pakai gendongan M-shape

Agar gendongan bayi memiliki alas lebar, sehingga kaki bayi ditopang hingga lutut. Nantinya kaki bayi berada dalam posisi M-shape, yaitu bagian bokong bayi berada di bawah dan kedua lututnya bertumpu di atas pinggulnya. Posisi ini sangat penting untuk bayi baru lahir agar tidak mengalami hip dysplasia.

Konsultasikan cara menggendong dengan tepat

Penggendong yang mengikuti aturan-aturan di atas seharusnya mendapatkan pengalaman menggendong menyenangkan. Tetap belum terasa nyaman atau khawatir apakah posisi gendongnya sudah benar? Jangan khawatir, Anda bisa konsultasi cara menggunakan gendongan dengan orang-orang yang ahli di bidang menggendong.

Zakkel memiliki layanan konsultasi posisi gendongan bayi dengan babywearing consultant. Para konsultan ini akan memandu cara mengatur gendongan bayi sesuai dengan tubuh penggendong. Para pengguna Zakkel bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Setelah memilih jadwal dan mengunggah bukti pembayaran, Anda dapat berkonsultasi melalui WhatsApp video selama 30 menit. 

Semoga layanan ini dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman menggendong yang aman dan nyaman, ya!