It’s holiday time! Ingin liburan sama anak tapi khawatir tidak bisa mengunjungi banyak tempat karena sulit bergerak sambil gendong anak? Kita bisa pakai gendongan bayi untuk memudahkan mobilitas dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata lainnya. Gendongan bayi juga bisa melewati medan-medan yang sulit dilewati oleh stroller, seperti jalanan sempit dan berbatu. Apalagi, gendongan bisa menjaga anak kita saat berada di lingkungan yang asing, dan mereka juga bisa tidur di dalam gendongan kapan saja saat lelah.

Saat liburan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat menggendong bayi, seperti di bawah ini:

  1. Menyusui dalam gendongan
    Salah satu kemudahan menggunakan gendongan bayi adalah kita bisa menyusui di mana saja. Ingat, ketika anak selesai menyusui di dalam gendongan, pastikan untuk mengembalikan anak ke posisi semula, yaitu cukup tinggi sehingga kepala anak dekat dengan dagu orang tua. Orang tua akan sulit melihat wajah anak jika posisi anak terlalu bawah.
  2. Hindari memakai pakaian berlapis di cuaca panas
    Saat berwisata ke daerah yang panas, gunakan pakaian yang longgar dan tidak terlalu tebal. Gunanya agar anak tidak kepanasan di dalam gendongan. Baju yang berlapis, suhu tubuh penggendong, dan matahari yang terik bisa menyebabkan anak overheating. Jika anak sudah kepanasan, sebaiknya segera cari tempat untuk berteduh.
  3. Gunakan sweatshirt jika cuaca dingin
    Anak bisa menggunakan sweatshirt atau pakaian berlapis saat berwisata ke daerah yang dingin. Hindari menutup wajah anak dengan selimut atau jaket yang dikancing, karena memiliki risiko menghalangi jalan napas bayi. Gunakan travel blanket atau selimut khusus gendongan yang membuat wajah anak tetap terlihat.
  4. Cari posisi yang lebih sejuk untuk anak
    Posisi back carry dan hip carry terasa lebih sejuk untuk anak saat berada di cuaca yang panas. Kedua posisi ini bisa digunakan untuk anak dengan tulang leher yang kuat dan sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Untuk bayi, gunakan posisi front carry atau gendong di depan sehingga bisa terus terpantau.
  5. Pilih gendongan yang lolos security di bandara
    Saat di bandara, kita bisa menggunakan gendongan yang tidak menggunakan bahan metal, seperti gendongan SSC. Gendongan SSC dari Zakkel Baby menggunakan part-part kecil yang terbuat dari plastik dengan standar internasional. Jadinya, kita tidak perlu lepas-pasang gendongan saat melewati mesin pindai di bandara.
Sedang mencari gendongan bayi untuk mudik atau liburan? Bisa cek di website Zakkel, ya! Zakkel memiliki dua jenis gendongan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat berbagai aksesori bayi seperti teething pad, sweatshirt, bucket hat, dan selimut yang bisa bikin bayi nyaman di perjalanan. Selamat berlibur!