Ingin tahu cara yang mudah dan efektif untuk memeluk sekaligus membangun ikatan bersama bayi? Caranya adalah dengan menggendong. Kegiatan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para ibu saja, tetapi para ayah juga bisa melakukannya. Malah, para ayah dianjurkan untuk menggendong bayi karena kegiatan ini memiliki segudang manfaat, seperti di bawah ini:

  1. Membangun ikatan atau bonding
    Berbeda dengan para ibu yang memiliki banyak kesempatan bonding dengan anaknya melalui hamil, melahirkan, dan menyusui, para ayah hanya memiliki sedikit kesempatan untuk bonding. Namun, tidak perlu khawatir. Melalui menggendong atau babywearing, bayi bisa dekat dengan ayahnya, belajar mendengarkan suara dan mengenali aroma badan ayahnya, dan merasakan detak jantung ayahnya. Ayah juga bisa melakukan kangaroo care atau kontak skin-to-skin dengan bayi yang prematur.
  2. Berbagi hobi dan pengalaman
    Pada dasarnya, dengan babywearing, ayah bisa pergi ke mana saja, seperti hiking, pergi ke bengkel, memancing, dan melakukan kegiatan yang tidak membahayakan bayi lainnya. Belum lagi tangan yang bisa bergerak dengan bebas. Ayah bisa cuci piring, menyiapkan makanan, hingga main games online. Ini juga memberikan kesempatan bagi para ibu untuk istirahat dari mengasuh anak.
  3. Membuat ayah lebih berdaya
    Menggendong dapat membantu ayah untuk tahu bahwa perannya terhadap keluarga sangat diperlukan. Gendongan bayi bisa jadi alat yang berguna untuk ayah memenuhi perannya dengan cara yang nyata dan bermakna, misalnya ayah bisa membuat anak merasa nyaman hingga tertidur pulas. Ayah bisa terlibat dalam pengasuhan anak sedini mungkin dan akan semakin kuat seiring dengan berjalannya waktu.
  4. Menambah beban untuk olahraga
    Olahraga beban sangat baik untuk membangun dan menjaga massa tulang, yang membuat tubuh kuat pada saat usia semakin tua. Nah, anak bisa menjadi tambahan beban saat para ayah berolahraga, seperti squat, lunges, atau hiking.  
  5. Terlihat keren
    Tidak ada yang lebih keren dari ayah yang terlibat aktif dalam mengasuh anak. Belum lagi, masih sedikit ayah yang menggunakan gendongan bayi. Ini pasti akan menarik rasa kagum dan penasaran dari orang-orang di sekitar.

Sekarang, ada banyak pilihan gendongan bayi. Para ayah bisa memilih gendongan yang dad-friendly, seperti gendongan SSC yang bentuknya mirip seperti tas ransel. Zakkel Baby memiliki gendongan tipe SSC dengan berbagai warna netral atau gelap. Selain itu, bahan yang dipakai oleh gendongan Zakkel juga breathable atau sejuk dan ringan, sehingga cocok untuk ayah atau bayi yang mudah keringetan. 

Ayah, gendong bayinya, yuk!