Pandemi Covid-19 membuat kita semua hidup di masa-masa yang menantang. Sekolah dan bisnis tutup, layanan kesehatan yang terus bekerja di bawah tekanan, dan aktivitas sosial jadi terbatas. Meski banyak kebiasaan yang berubah, rutinitas menggendong bayi tetap dilakukan. Bahkan, menggendong dengan gendongan bayi bisa membantu orang tua melewati pandemi dengan sehat dan gembira.

Tangan bebas bergerak

Pandemi Covid-19 menuntut kita untuk sering cuci tangan. Bayangkan sulitnya jika kita harus mencuci tangan sambil menggendong bayi tanpa menggunakan gendongan. Gendongan bayi dapat membantu tangan kita bebas untuk cuci tangan.


Gendongan bayi bisa jadi alat untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan penting, seperti menyelesaikan pekerjaan rumah atau work from home. Kita juga bisa mempercantik rumah, seperti mengatur ulang dekorasi atau berkebun, sambil menggendong anak.

Bantu anak jaga jarak dengan orang lain

Kita tahu terkadang anak sulit menjaga jarak dengan orang lain. Penyebabnya bisa karena anak tidak paham mengapa mereka harus menjaga jarak, atau mereka memang penasaran dan senang berdekatan dengan orang lain. Nah, agar kita tidak repot terus mengingatkan anak untuk jaga jarak, gendongan bayi dapat membantu kita untuk mendekap anak dan menjauhi kerumunan. Dari dalam dekapan, anak tetap bisa melihat alam dan merasakan kesegaran udara sekitar dengan tenang. 

Kedekatan bantu ciptakan antibodi dan imunitas tubuh

Gendongan bayi dapat menjadi alat bantu untuk kita menyusui anak (nusing-in-carrier/NIC) di mana saja, kapan saja. Kebutuhan ASI yang terpenuhi dan terciptanya sistem kekebalan tubuh pada anak adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit.

Sentuhan, interaksi, dan respons yang kita berikan pada anak dapat menciptakan rasa nyaman dan meningkatkan hormon oksitosin. Manfaat hormon ini tidak hanya dirasakan oleh anak, tetapi juga kita sebagai penggendong. Hormon oksitosi berperan banyak untuk melancarkan ASI, meredakan stres pada ibu baru, serta memperkuat ikatan antara ibu dan bayi.

Membantu anak tidur siang dan beristirahat

Saat kita sibuk berkegiatan di rumah atau traveling, bisa jadi kesempatan anak untuk tidur siang jadi terlupakan. Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan daya ingat anak dan menjaga mereka tetap bugar. Bagi orang tua yang tidak sempat menidurkan anak atau tidak menemukan alas tidur untuk beristirahat, gendongan bayi juga bisa menjadi alat bantu untuk anak tidur siang di dalam gendongan. 


Jaga gendongan tetap bersih 

Saat kita berpergian dan mengenakan gendongan di badan, gendongan tidak bersentuhan dengan permukaan lain selain tubuh kita. Artinya, kita dapat mencegah bakteri atau kuman menempel dari benda asing ke gendongan kita. Selain itu, kain gendongan juga mudah dicuci untuk menjaga kebersihannya. Pastikan ikuti instruksi cara mencuci dengan benar agar gendongan bayi tetap awet.

Pastikan untuk mengikuti protokol kesehatan yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan agar kita bisa berkegiatan dengan aman. Jika kita atau anak merasa tidak enak badan, sebaiknya berada di rumah dulu hingga bugar kembali. Mari terus peluk dan gendong si Kecil agar kita bisa lalui pandemi ini bersama!