Foto dokumentasi Ponnie Matin Pelchat

Menggendong anak di punggung, atau back carry, adalah salah satu posisi yang digemari oleh banyak orang tua. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti belanja, mencuci pakaian, menyiapkan makanan (hindari saat memasak dengan minyak atau air panas), dan cuci piring, karena tangan orang tua lebih bebas bergerak jika menggendong anak di posisi belakang. Dalam posisi ini, anak juga bisa mengamati dunia di sekitarnya.

Back carry bukanlah hal yang baru. Suku asli di Amerika Utara adalah salah satu yang telah melakukan posisi gendong ini sejak dulu. Mereka menggunakan cradleboard yang dibuat dari serat kulit kayu willow, cattail, dan dogwood. Untungnya, sekarang ada gendongan bayi SSC yang terbuat dari kain katun, sehingga orang tua bisa menggendong dengan mudah dan praktis. Selain itu, gendongan SSC juga telah mendukung M-shape.

Lalu, kapan usia anak yang direkomendasikan agar bisa digendong back carry? Posisi ini disarankan untuk anak yang memiliki kontrol kepala yang baik atau bisa duduk tanpa bantuan orang tuanya, umumnya di usia 6-7 bulan.

Tips back carry dengan Zakkel Baby

Gendongan SSC dari Zakkel Baby bisa mendukung posisi back carry. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai posisi gendong belakang ini.

  1. Untuk menghindari cedera, lakukan latihan menaikkan dan menurunkan anak saat back carry di atas tempat tidur. Saat berlatih, minta bantuan orang lain untuk memegang bayi. Agar aman, baca instruksi menggendong atau lihat video tutorial back carry di bawah ini.

  2. Eratkan shoulder strap agar posisi anak dekat dengan tubuh orang tua. Jika anak masih terasa bergelantungan, maka orang tua harus eratkan lagi gendongannya. Tubuh anak harus terasa memeluk pada orang tua.
  3. Jika posisi anak terasa berada di bagian bawah punggung, lambungkan sedikit tubuh anak untuk mendorong posisinya ke atas, lalu tarik tali bahu pada gendongan. Idealnya, posisi kepala anak saat back carry dekat atau mendekati tengkuk penggendong.

Untuk memastikan back carry dengan aman, orang tua bisa konsultasi dengan babywearing consultant. Zakkel Baby memiliki fitur Carrier Fitting & Consultation, berupa 30 menit konsultasi melalui video call WhatsApp. Fasilitas ini bisa diakses secara gratis oleh para pengguna Zakkel Baby.

Kunci dari menggendong back carry adalah semakin banyak berlatih, maka orang tua akan semakin percaya diri melakukannya. Jika sudah terbiasa, dijamin, orang tua pasti akan ketagihan dengan posisi gendong belakang ini. Selamat mencoba!